Cara Terbaru Membuat Text Area Pada Blog


          Halo sob,, emh, sedikit mau membagikan tutorial blog pada kesempatan kali ini. Sebenarnya saya tidak terlalu banyak tahu tentang tutorial blog. Jadi  saya hanya akan memberitahukan dari apa yang saya tahu dan hasilnya jadi 100%. So, biar saya enggak di anggap sotoy. Hhaa oke sob, mari kita simak.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat text area pada postingan blog maupun di luar postingan blog. Caranya mudah kok sob, Cuma perlu sedikit script. Oke sob, ini dia scriptnya:

Script text area tipe 1:


<p align="center"><textarea name="code" rows="6" cols="20">Letakan Disini</textarea></p>  


Cara mengaturnya:
   1.     Ganti tulisan berwarna hijau dengan nama text area yang sobat kehendaki

   2.     Ganti tulisan berwarna orange dengan angka yang sobat inginkan untuk mengatur         ukurannya

   3.     Silahkan ganti tulisan berwarna merah dengan text yang ingin sobat tampilkan di dalam text areanya

Text area tipe ini, adalah tipe yang standar. Silahkan lihat screenshotnya di bawah!
Screentshot text area tipe 1:


cara terbaru membuat text area pada blog



Script text area tipe 2:


<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Copy"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 200px; HEIGHT: 100px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55"> Letakan Disini </textarea></p></div></form>



Cara mengaturnya:

   1.     Ganti tulisan berwarna orange dengan nama yang sobat suka, tetapi kalau menurut saya tidak usah di ganti, jadi kalau misalkan ada orang yang ingin mengcopy text sobat tinggal menekan tombol yang sudah ada namanya “Copy

   2.     Ganti tulisan berwarna hijau dengan angka yang sobat inginkan untuk mengatur ukurannya

   3.     Ganti tulisan berwarna merah dengan text yang akan sobat tampilkan di text area

Text area tipe 2 ini dilengkapi dengan button Copy. Jadi, jika kita menekan button copynya text yang ada didalam text area akan terblock dan tercopy secara langsung. Jadi kita tidak perlu mem-block textnya sendiri.
Berikut ini screenshot text area tipe 2:


cara terbaru membuat text area pada blog


Untuk cara meletakannya DIDALAM POSTINGAN seperti ini:

   1.      Masuk blogger -> dashboard

   2.     Entri baru -> tulis artikel sobat

   3.     Lihat di samping atas kiri tampilan entri baru ada dua menu. Ketika sobat sedang menulis artikel biasanya menu yang tertekan adalah Compose, sekarang tekan menu disebelahnya. Yaitu HTML

   4.     Ambil jarak dari paling atas dari code-code script yang sudah ada di menu HMTL (ini dilakukan untuk memisahkan script text area dari script yang ada didalam menu HTML) lalu pastekan code script text area sobat

   5.     Pilih menu Compose lagi, maka hasilnya akan terlihat



Untuk cara meletakkannya DILUAR TEMPAT POSTINGAN seperti ini:

   1.     Masuk blogger -> dashboard  

   2.     Tata letak   

   3.     Cari dan klik tulisan “add gadget”

   4.     Cari menu yang bertulis “html/javascript”

   5.     Silahkan pastekan code script text area sobat di kolom yang ada

   6.     Beri nama judul bila perlu

   7.     Klik save

   8.     Pindahkan hasil sobat tadi dengan men-drag hasilnya tadi ketempat yang sobat inginkan



Oke sob, sudah selesai. Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba sob...







Note:
Ow ya.. jika sobat masih bingung tentang apa yang saya tulis ini atau ingin bertanya tentang sesuatu yang sobat masih bingung silahkan kirimkan pesan ke email saya  raliseven@yahoo.com atau yang simpelnya tinggal komen aja di bawah.. akan saya jawab dengan segera.!

Share on Google Plus DMCA.com Protection Status

About Ralf97

Nama saya Rali ferdiansyah, Sudah menjadi admin dari Blog Say-Borg ini semenjak kelas 11. Saya suka sekali Blogging, Surfing, Gaming, and Playing Guitar. Saya harap kalian suka dengan blog saya ini.

3 blogger-facebook:

  1. mampir juga yah ke blog saya, asuransijiwamenabung.blogspot.com
    saya juga ada letak blog anda ke dlm blog saya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan :D Trims sudah berkunjung.

      Delete
    2. gan, silakan cek kotak masuk email agan, saya ada email agan. terima kasih

      Delete